Palang Merah Indonesia ( PMI ) bekerjasama dengan Palang Merah Amerika, UNESCO, dan Global Disaster Preparedness Center ( GDPC ) untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa membuat aplikasi games edukatif tentang kesiapsiagaan bencana banjir, gempa bumi dan tsunami. Peluncuran dua aplikasi yaitu Saifah dan Tanah ini dilakukan di Pusat Kebudayaan Amerika, Jakarta pada tanggal 19 januari.

Game Saifah adalah Sang Penakluk Banjir. Dengan konsep games petualangan, pengguna akan mendapat pembelajaran dalam menghadapi banjir, dimana

mereka kan diajak untuk mengurangi risiko banjir, menghindari sengatan listrik, bahkan menghindari ancaman binatang liar. Sedangkan Games Tanah membawa pengguna untuk siaga menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami.

Inovasi ini merupakan sarana yang baik untuk menarik minat dari kalangan anak anak sampai dewasa, dimana saat ini marak bermunculan berbagai macam games. Dengan aplikasi games ini, selain terhibur, masyarakat secara tidak sadar akan mendapatkan edukasi akan kesiapsiagaan bencana.

Games yang telah tersedia di 140 negara dalam bahasa Inggris, Indonesia, Prancis, dan tagalong ini dapat diunduh di Google Store dan App Store dengan keyword Sai Fah ( ID ) Tanah ( ID)

http://www.pmi.or.id