Ruang terbuka hijau, istilah ini sering didengung-dengungkan dalam setiap kegiatan, apalagi isu pemanasan global yang sedang melanda dunia, mau tidak mau akan mengajak anda untuk berpikir dua kali bila mengabaikan ruang tebuka hijau. Manfaat ruang terbuka hijau akan sangat terasa terutama di perkotaan yang lebih banyak ditumbuhi bangunan beton, daripada tanaman hijau yang menyejukkan.

Sebelum membahas manfaat ruang terbuka hijau di perkotaan, anda perlu memahami bersama apa sih ruang terbuka hijau? Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan area memanjang dan atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh tanaman secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.

Dan ternyata ruang terbuka hijau tidak hanya yang dimiliki oleh pemerintah atau sering disebut taman kota, tetapi juga ruang terbuka hijau milik kalangan terbatas, baik halaman rumah, gedung milik swasta maupun milik masyarakat.

Manfaat ruang terbuka hijau di perkotaan didalam Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan, tidak hanya sekedar menghijaukan kota dan membuat nyaman sirkulasi kota. Tetapi lebih dari itu ruang terbuka hijau di perkotaan secara langsung, memberikan manfaat keindahan dan kenyamanan. Anda bayangkan bila suatu kawasan perkantoran, tidak didukung oleh ruang terbuka hijau, yang ada hanya perasaan gerah , memaksimalkan mesin pendingin dan malas untuk beraktivitas diluar kantor. Karena tentunya keteduhan, kesegaran dan kesejukan yang bisa dihadirkan oleh ruang terbuka hijau tidak tersedia.

Manfaat ruang terbuka hijau di perkotaan secara langsung juga berupa hasil yang didapatkan dari bahan-bahan yang dapat dijual dari tanaman hijau anda, misalnya kayunya, daunnya, bunganya atau bahkan buahnya bisa anda nikmati.

Untuk manfaat ruang terbuka hijau secara tidak langsung, dalam hal ini akan memberikan manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Manfaat ruang terbuka hijau yang bisa anda dapatkan dengan terciptanya pembersih udara yang sangat efektif, pemeliharaan akan kelangsungan persediaan air tanah dan pelestarian fungsi lingkungan beserta segala isi flora dan fauna yang ada.

Mulailah dari hal yang terkecil, diawali dari menghijaukan rumah anda sendiri, kemudian bergerak ke lingkungan sekitar, baru mengarah menciptakan kenyamaan kota anda. Jadi dukung terus program-program yang berupaya menghijaukan dan mengembalikan kenyamanan kota seperti dulu lagi, salah satunya dengan ruang terbukan hijau di kawasan perkotaan.

Kategori               : Lansekap

Kata kunci           : Ruang Terbuka Hijau, manfaat ruang terbuka hijau di perkotaan

Artikel terkait    : Vegetasi jalan, membuat tanaman asri