Bosan dengan nuansa warna rumah anda yang itu-itu saja?, apalagi mendekati Lebaran yang akan tiba sebentar lagi. Mungkin tidak ada salahnya anda memoles rumah anda dengan nuansa yang sedikit berbeda, salah satunya dengan menciptakan warna harmonis dalam rumah anda. Warna harmonis?, mungkin anda bertanya seperti apa padu padan dalam warna harmonis, apa bedanya dengan warna monokromatis, yang lebih sering terdengar di telinga anda.

Warna monokromatis merupakan warna primer yang diikuti oleh turunan di bawahnya, sebagai contoh warna merah yang memiliki turunan merah muda dan semakin bawah semakin cerah. Sedangkan warna harmonis lebih pada pada perpaduan warna-warna yang saling berdekatan atau saling bersebelahan dalam lingkaran warna. Sebagai contoh perpaduan ungu, merah dan oranye atau perpaduan kuning, hijau dan biru. Warna yang saling berdekatan tersebut saling memiliki unsur yang terdapat pada warna di dekatnya, sehingga mampu menciptakan padu padan yang harmonis secara visual.

Warna harmonis akan mampu menciptakan kesan ruang yang lebih segar, karena ruang tidak akan membosankan tetapi juga tidak norak karena warna yang diterapkan masih memiliki kesamaan unsur satu sama lain. Beberapa contoh padu padan warna harmonis yang bisa anda terapkan dalam rumah anda untuk menggugah suasana. Warna merah dapat anda harmonisasikan dengan warna ungu dan oranye, ruangan akan terkesan bergairan, penuh semangat, hangat, berani dan penuh percaya diri.

Warna harmonis lain, anda bisa mencoba harmonisasi warna oranye, merah dan kuning, paduan ini akan memacu kreatifitas si pemilik rumah, mencerminkan sifat pantang menyerah dan pemberani. Padu padan lain untuk warna harmonis, dapat anda lakukan dengan harmonisasi warna hijau dan oranye yang memunculkan suasana aktif, penuh optimis, segar dan akan mendorong orang untuk berinteraksi secara sehat. Warna lain yang tidak kalah menarik untuk diharmonisasikan hijau, kuning dengan biru yang mampu menciptakan suasana relaksasi yang nyaman.

Warna harmonis, apa lagi ya yang bisa anda coba padu padankan untuk dinding rumah anda. Coba anda padu padankan warna biru, hijau dan ungu, perpaduan ini akan mendekatkan diri dengan kesegaran alam serta sering anda dilihat pada ruangan spa dan meditasi karena efeknya yang hangat menentramkan.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika ingin menerapkan skema warna harmonis, bila anda terbiasa dengan warna monokromatis, anda dapat poleskan warna harmonis ini dalam satu sisi dinding rumah anda terlebih dahulu. Tetapi bila anda mau dan berani mencoba memadukan tiga warna, anda bisa memilih satu warna sebagai warna dominan dan dua warna lainnya sebagai warna aksen. Yang tidak kalah penting, warna harmonis tidak dapat terlepas dari warna netral sebagai penyeimbang komposisi warna suatu ruang, misalnya ketika anda merapkan warna harmonis dalam ruang tamu, anda bisa memadukan sofa warna abu-abu, atau bantal-bantal kecil warna putih tentu akan lebih menarik.

Sekarang menciptakan warna harmonis dalam rumah anda tentunya bukan hal yang rumit lagi, selamat mencoba…

Kategori               : Interior

Kata kunci           : warna, warna harmonis, efek warna, padu padan warna