Pencahayaan, anda mungkin tahu tidak hanya terbatas pada cahaya alami tetapi juga pencahayaan buatan yang dapat memberi efek terhadap bangunan. Kecenderungan cahaya matahari yang tidak dapat diatur intensitasnya, menyebabkan anda butuh pencahayaan buatan yang akan memberi efek terhadap bangunan milik anda sesuai yang ada inginkan.

Arah pencahayaan didalamnya tidak hanya sekedar memberi penerangan yang anda butuhkan, lebih dari itu posisi penempatan pencahayaan yang berbeda akan memberi efek yang berbeda pula. Walaupun memang arah pencahayaan ini sangat tergantung pada penggunaan rumah lampu untuk dapat mengarahkan dan merefleksikan sesuai yang anda inginkan terhadap rumah anda.

Arah pencahayaan ke bawah atau sering disebut downlight, merupakan pencahayaan yang memberi efek terhadap bangunan secara merata. Arah pencahayaan downlight berasal dari lampu yang ditanam pada plafond, atau menempel pada tembok atau juga bisa berupa lampu gantung. Arah pencahayaan ini akan menumbuhkan suasana yang berbeda bila anda menempatkannya sebagai pencahayaan titik dan dekoratif, karena efek yang ditimbulkan juga akan berbeda. Lampu yang digunakan untuk pencahayaan ke bawah dapat berupa lampu pijar, neon dan compact fluorescent.

Arah pencahayaan ke atas atau sering disebut uplight, merupakan pencahayaan yang arah datangnya cahaya dari bawah ke atas, yang akan memberi efek mewah dan memunculkan dimensi bagian rumah anda yang ingin anda tonjolkan. Pencahayaan secara uplight dapat anda aplikasikan pada kolom rumah anda, vegetasi tanaman di taman anda dengan kecenderungan pemunculan pencahayaan dekoratif. Lampu yang digunakan dapat berupa lampu halogen dan lampu fluorescent

Arah pencahayaan dari belakang atau sering disebut backlight, merupakan pencahayaan yang berasal dari belakang obyek. Efek pencahayaan terhadap bangunan akan memberi aksen pada obyek yang ingin ditonjolkan, seperti memunculkan bayangan atau cahaya pendar yang mengelilingi obyek. Pencahayaan secara backlight akan memunculkan detail obyek agar lebih jelas.

Arah pencahayaan yang lain berupa sidelight dan frontlight, kedua efek pencahayaan ini memiliki penekanan yang sama, dan sering digunakan untuk member efek pada benda-benda seni seperti foto, lukisan dan artwork lainnya. Lampu yang digunakan dapat berupa striplighting yang memunculkan kesan artistik, atau lampu halogen yang memiliki tingkat rendering yang tinggi.

Efek pencahayaan apa yang anda inginkan dalam rumah anda, andalah yang menentukan. Bangunan yang sederhana dengan pencahayaan yang sesuai akan member efek mendalam terhadap detail desain secara keseluruhan.

 

Kategori               : Arsitektur

Kata kunci           : Arah pencahayaan, lampu, efek pencahayaan