Pernah mendengar, anak kecil yang terjatuh dari tangga karena tidak ada pengamannya, atau mungkin railing yang tidak didesain dengan aman sehingga mudah dipanjat anak kecil. Kali ini akan dibahas bagian dari tangga yang berupa railing dan handrail, sebagai faktor penting untuk pengaman tangga anda.

Railing tangga tidak hanya sekedar pembatas yang berupa tiang berjajar, tetapi lebih dari itu railing tangga harus kuat dan aman bagi siapapun penggunanya. Railing tangga akan menopang handrail, sebagai faktor penting pengaman tangga, idealnya tinggi railing berkisar antara 80 cm – 100 cm, sesuai dengan standar kenyamanan jangkauan tangan ketika orang dewasa berdiri.

Bagi anda yang memiliki anak kecil, lebih aman bila menggunakan railing dalam bentuk vertikal dengan jarak rapat, sehingga kemungkinan untuk dipanjat dan memasukkan kepala, kecil kemungkinan bagi buah hati anda melakukannya.

Handrail dan railing terbuat dari material yang dapat disesuaikan dengan gaya rumah anda, yang jelas tetap tidak terlepas dari konsep aman. Untuk rumah minimalis anda, bisa dipadukan antara besi hollow dan kayu, atau aluminium bahkan baja string. Untuk rumah etnik, cenderung lebih kearah dominasi kayu. Bentuknyapun bisa beragam bias bulat atau kotak asalkan memiliki sudut yang tumpul untuk faktor keamanan.

Handrail memiliki standar ukuran kenyamanan diameter antara 4 cm – 5 cm. Mungkin rumah anda memiliki tangga yang salah satu sisinya dibatasi oleh dinding tembok, terkadang handrail diabaikan pada sisi yang berhimpitan dengan dinding dilihat dari sisi efisiensi biaya. Tetapi bila faktor pengaman tangga menjadi faktor terpenting yang menjadi prinsip rumah anda, apalagi bila ada lansia dalam rumah anda. Agar dapat mencengkram dengan baik, harus ada jarak minimal 4 cm dari tembok, sehingga tangan anda aman dari gesekan ke dinding.

Satu lagi pemahaman anda bertambah tentang bagian dari tangga, yang mungkin terkadang anda abaikan, demi faktor penting bagi keamanan tangga rumah anda, jangan abaikan railing dan handrail untuk tangga rumah anda.

 

Kategori : Arsitektural

Kata kunci : handrail, railing tang, tangga, faktor pengaman tangga, kenyamanan tangga