Gaya hidup yang semakin berkembang, menjadikan kenyamanan sangat diutamakan terutama dalam  rumah anda. Sofa sebagai bagian dari interior rumah, memiliki kenyamanan yang belum tertandingi oleh tempat duduk lainnya. Tetapi ketika sofa anda terkena noda, tentunya kenyamanan anda menjadi terganggu. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat sofa kain anda dari noda yang bisa anda aplikasi untuk menjadikan sofa anda tetap nyaman.

Lain noda lain pula penanganannya, untuk noda jus buah, kopi, teh dan soda di sofa anda, anda tinggal membuat larutan campuran deterjen cair, cuka dan air dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 : 4, kemudian bersihkan sofa kain anda dengan larutan ini menggunakan spon. Noda alkohol juga terkandang mengganggu penampilan sofa kain anda, untuk itu anda perlu mencampurkan satu sendok teh deterjen cair dengan semangkuk air, kemudian sofa kain anda dibersihkan menggunakan spon basah, jika belum hilang anda dapat mencoba menggunakan anggur putih dan air dengan takaran 1 : 2.

Bila anda memiliki anak kecil, tentunya noda susu dan es krim biasa menghiasi sofa kain anda dan tentunya jika dibiarkan akan mengganggu kenyamanan rumah anda. Anda tinggal mencampurkan satu sendok teh deterjen cair kedalam air, kemudian sofa kain dibersihkan dengan spons, apabila belum hilang anda bisa menggunakan campuran satu sendok teh amonia dengan setengah gelas air untuk dioleskan ke sofa kain anda.

Untuk noda crayon, anda bisa menggosok sofa kain anda dengan pasta gigi, kemudian bersihkan pasta gigi yang menempel dengan spon halus menggunakan campuran setengah sendok the deterjen pencuci piring dan air hangat. Lain halnya dengan noda lemak atau minyak yang terkenal sulit dibersihkan, bisa anda atasi dengan menaburkan tepung bedak atau tepung kanji kemudian digosok perlahan dengan tangan dan dibiarkan sesaat baru kemudian dibersihkan pakai lap lembab, dengan syarat lemak yang menempel masih baru.

Apabila suami anda seorang perokok, pasti bau asap rokok kental sekali tercium dalam ruangan anda, tidak hanya kenyamanan yang terganggu tetapi juga kesehatan akan menjadi taruhannya. Cara paling tepat, tentunya membuat aturan untuk merokok tidak didalam ruang. Tetapi bila ini sulit dilakukan, anda bisa meletakkan piring berisi asam cuka di ruang tempat sofa berada. Asam cuka akan menetralisir bau asap rokok yang menempel di sofa. Apabila anda ingin hasil yang terbaik, anda bisa menggunakan cairan penetralisir bau yang sekarang banyak beredar di pasaran.

Noda mana yang sering mengganggu kenyamanan sofa kain anda?, perawatan sofa kain yang sesuai akan menjadikan sofa kain akan menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul dengan keluarga.