Setiap tanggal 10 Januari terdapat agenda lingkungan hidup yang diperingati oleh masyarakat dunia, yaitu Hari Gerakan 1 Juta Pohon. Berbagai kegiatan telah diselenggarakan sebagai bentuk peringatan terhadap Hari Gerakan 1 Juta Pohon, salah satunya adalah dengan penanaman bibit pohon. Penanaman bibit pohon dapat mengurangi dampak degradasi lingkungan, mengingat isu lingkungan hidup yang saat ini tengah menjadi perhatian dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data FAO tahun 2010, hutan dunia, termasuk di dalamnya hutan Indonesia, secara total menyimpan 289 gigaton karbon yang berperan penting dalam menjaga kestabilan iklim dunia. Indonesia sebagai negara yang memiliki hutan tropis terluas nomor 3 sedunia dan dijuluki sebagai paru-paru dunia pun didapati sedang memiliki kondisi lingkungan yang kritis.

Saat ini isu kerusakan lingkungan di Indonesia, termasuk di dalamnya adalah hutan, tengah menjadi perhatian yang harus segera diatasi. Menurut buku Rekor Dunia Guinnes, Indonesia adalah negara yang memiliki tingkat kerusakan hutan tercepat diantara negara-negara yang memiliki 90% dari sisa hutan di dunia. Selain itu, Kementerian Kehutan Republik Indonesia (2015) mencatat sedikitnya 1,1 juta hektar atau 2% dari hutan di Indonesia menyusut setiap tahunnya. Seluas 684.000 hektar hutan telah ditebang hingga hanya tersisa sekitar 124 juta hektar saja. Hal tersebut menjadi bukti adanya kerusakan lingkungan akibat deforestasi hutan, yang menimbulkan masalah krisis air di Daerah Aliran Sungai (DAS) karena terjadinya erosi, banjir, ancaman kepunahan flora maupun fauna, hingga isu pemanasan global.

Melalui gerakan penanaman 1 juta pohon maka degradasi lingkungan dapat teratasi. Penanaman satu pohon dapat menyerap sebanyak 48 ton CO2 per-tahunnya. Selain itu, pohon juga berperan dalam penyimpanan air, sehingga dapat mengurangi intensitas kekeringan, menahan erosi tanah, serta mencegah longsor dan banjir. Tidak perlu menunggu momentum tertentu untuk berpartisipasi dalam aksi menjaga kelestarian lingkungan. Gerakan penanaman bibit pohon dapat menjadi salah satu alternatif yang mudah diimplementasikan oleh berbagai kalangan dan usia. Untuk itu mari menanam pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagaimana menjaga rumah kita!