Asia Pacific Urban Forum ke 7 (APUF-7) diselenggarakan di Spice Convention Center, Penang, Malaysia tanggal 15-17 Oktober 2019. APUF-7 bertujuan untuk memobilisasi seluruh stakeholder untuk percepatan implementasi dalam mencapai masa depan yang berkelanjutan bagi kota-kota di seluruh Asia-Pasifik. Forum ini merupakan pertemuan regional pemangku kepentingan perkotaan terbesar, melibatkan para pembuat kebijakan dari pemerintah lokal dan nasional, lembaga keuangan, masyarakat sipil, akademisi, komunitas, penelitian perkotaan sektor masyarakat dan swasta untuk membahas solusi inovatif, mengidentifikasi tindakan dan tujuan bersama serta memperkuat kemitraan yang efektif untuk mencapai pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, forum memiliki tiga tujuan utama. Pertama, meningkatkan tindakan nyata dan kemitraan untuk pembangunan berkelanjutan antara berbagai negara, kota dan pemangku kepentingan untuk memajukan penerapan urbanisasi berkelanjutan. Kedua, meningkatkan kesadaran tentang solusi dan peluang perkotaan yang berkelanjutan dan inklusif di antara para pemangku kepentingan, konstituensi dan masyarakat umum. Ketiga, meningkatkan basis pengetahuan kolektif tentang pembangunan kota yang berkelanjutan melalui debat multi pemangku kepentingan yang inklusif, berbagi pelajaran, dan bertukar untuk mendukung kebijakan dan praktik masa depan.

Event yang diselenggarakan selama beberapa hari tersebut dihadiri oleh ribuan partisipan dari berbagai negara. Event berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan berbagai deklarasi sebagai aksi yang akan dilakukan dalam mendudukung mewujudkan masa depan yang berkelanjutan bagi kota-kota di seluruh Asia-Pasifik.

HRC Caritra hadir dalam APUF7 bersama-sama dengan berbagai organisasi dan komunitas yang berasal dari Indonesia. Sharing pengalaman dalam berbagai forum yang telah dilakukan dengan para peserta dari berbagai negara. Pengalaman yang didapat dari acara ini diharapkan dapat bermanfaat untuk terus meningkatkan bebagai peran dalam mewujudkan perumahan permukiman yang berkelanjutan.

 

CEO Caritra bersama Direktur Eksekutif UN Habitat Mrs. Maimunah Mohn Sharif

CEO Caritra bersama Direktur Eksekutif UN Habitat Mrs. Maimunah Mohn Sharif

 

Beberapa arsitek dari berbagai negara yang bekerja untuk komunitas

Beberapa arsitek dari berbagai negara yang bekerja untuk komunitas