Apa itu RTRW? RTRW disini bukan Rukun Tetangga dan Rukun Warga ya… RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) yang dimaksud adalah sebuah dokumen rencana tata ruang yang sangat vital yang berfungsi memberikan arahan pembangunan yang berimplikasi pada keruangan.

Hari ini menghadiri acara sosialisasi tentang Pembinaan Tata Ruang di Komplek Balaikota Yogyakarta tanggal 26 November 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta. Sosialisasi kali ini mengusung tema “Arah Kebijakan Penataan Ruang di Kota Yogyakarta Pasca Penetapan RTRW Provinsi DIY Tahun 2019-2039”. Sosialisasi ini dihadiri berbagai stakeholder terkait seperti perangkat pemerintahan, akademisi, praktisi, dan perwakilan seluruh kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta.

Dengan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi pembinaan tata ruang ini diharapkan agar seluruh komponen dapat memahami arah dan sikap masing-masing terkait tata ruang. Saat ini, Pemerintah Kota Yogyakarta sedang dalam tahap Revisi RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kota Yogyakarta. Dikarenakan luas administratif Kota Yogyakarta yang cukup kecil, revisi RTRW Kota yang disusun bersifat operasional atau skala rinci yang dilengkapi dengan peraturan zonasi sebagai bentuk efisiensi produk rencana tata ruang. Dengan sosialisasi ini, diharapkan hasil revisi RTRW Kota Yogyakarta dapat selaras dengan RTRW DIY tahun 2019-2039.

Revisi RTRW Kota Yogyakarta kali ini fokus dalam beberapa hal yaitu: pengembangan sarana prasarana perkotaan, pengendalian bencana dan lingkungan perkotaan, keistimewaan DIY dan kawasan cagar budaya, dan pelayanan sosial dan pengembangan ekonomi. Dalam pengembangan tersebut, diharapkan masukan yang lebih detail atau eksplisit akan realisasi keistimewaan DIY dalam tata ruang. RTRW memberikan arahan pembangunan yang berimplikasi pada keruangan, sehingga tercipta ruang yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan bagi kehidupan manusia.