Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan badan yang membantu meningkatkan perekonomian dan memaksimalkan potensi desa. Beberapa peran BUMDes antara lain menciptakan iklim usaha yang baik, meningkatkan kapasitas, memperluas akses pasar, membantu permodalan, dan menghindari tengkulak.

Pemerintah desa sebagai wujud kehadiran pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat perlu mengetahui pentingnya BUMDes bagi perkembangan desa. BUMDes didirikan atas dasar amanat Undang Undang Dasar 1945 Pasal 33 yang menyatakan “ayat (1) berbunyi; Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan, ayat (2); Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara, ayat (3) menyebutkan ; Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, ayat (4), Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional dan ayat (5); Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.” Dengan didirikannya BUMDes oleh desa maka perlindungan sosial di desa diharapkan akan lebih terjamin. Masyarakat desa pun akan diberdayakan serta lebih mandiri dalam mengelola usaha desa.

Salah satu BUMDes yang sudah bergerak aktif dalam membangun desanya adalah BUMDes Bhakti Kencana yang berada di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

(Sumber : instagram  @bumdes_bhakti_kencana)

 

BUMDes Bhakti Kencana telah melakukan pembangunan ekonomi di Desa Purwabakti melalui 3 sektor, yaitu pertanian, peternakan, dan pariwisata dalam bentuk integrated farming system. Beberapa potensi wisata seperti air terjun dan hutan pinus di manfaatkan pula sebagai bumi perkemahan yang asri dan sejuk.

(Sumber : instagram  @bumdes_bhakti_kencana)

Beberapa barang bernilai jual tinggi pun berhasil di produksi seperti kerajinan lampion bambu hitam, dan kopi gunung gagak.

Meskipun telah banyak pencapaian yang diperoleh BUMDes Bhakti Kencana, namun hal itu tidak lantas membuat BUMDes cepat merasa puas. BUMDes Bhakti Kencana terus berupaya meningkatkan kinerja dan produktivitas dengan mengikuti pelatihan dan merintis beragam kerjasama dengan calon-calon mitra BUMDes demi mewujudkan pembangunan desa menjadi lebih maju. (EVK/MG)