Baja ringan bukanlah material yang baru saja terdengar, sudah cukup lama baja ringan menjadi solusi alternatif material rumah, mencoba menjawab kekhawatiran masyarakat akan semakin langka dan mahalnya kayu saat ini. Baja ringan (light steel) sering diidentikkan sebagai material penyusun rangka atap saja, padahal saat ini modifikasi baja ringan dapat digunakan sebagai rangka dinding, penutup atap, dinding dan plafon.

Baja ringan tidak hanya mampu menggantikan fungsi kayu dari sisi upaya melestarikan hutan kita, tetapi baja ringan menjadi sangat populer di masyarakat karena sifat kepraktisan dan kemudahan pemasangannya. Saat ini terus dikembangkan model dan jenisnya, sehingga masyarakat menjadi dimanjakan dengan pilihan yang sangat beragam.

Baja ringan menjadi solusi alternatif material rumah, dimana baja ringan dibuat dari lembaran baja tipis yang dilapisi dengan logam tertentu seperti aluminium, zinc, silicon dan magnesium yang sangat tergantung dari masing-masing produsen yang membuatnya. Yang paling dominan adalah kandungan aluminium dalam baja ringan yakni sebesar 50-55% dan kandungan zinc sebesar 45-50%. Kekuatan utama baja ringan terletak pada bajanya sendiri, umumnya memiliki ketebalan antara 0,2 hingga 1 mm. Kekuatan baja ringan juga ditentukan dari pemasangan aksesoris yang tepat pada setiap sambungan dan ikatan antar bagian.

Pemasangan baja ringan akan menghasilkan kualitas yang bagus, apabila dilakukan pada akhir pengerjaan pembangunan rumah. Karena percikan bahan material misalnya campuran semen akan menimbulkan korosi dini. Selain itu dalam pemasangan baja ringan, harus menghindari adanya goresan pada lapisan pelindung agar baja ringan tidak terekspos oleh udara, yang mengakibatkan korosi dini.

Baja ringan, solusi alternatif material rumah. Kalimat ini layak disampaikan karena baja ringan menjadi alternatif jitu pada saat kita melakukan renovasi rumah dibandingkan dengan material-material konvensial lainnya, karena dampak menghemat biaya, waktu dan pembersihan pasca renovasi yang sering memunculkan masalah tersendiri. Mau mencoba material ini ?? (EDF)