Desa harus menaruh perhatian pada perkembangan teknologi di era digital saat ini, terlebih penguasaan teknologi informasi yang menjadi salah satu indikator kemajuan bagi suatu negara. Desa sebagai bagian dari negara sudah seharusnya mulai menerapkan teknologi informasi, mulai dari penyelenggaraan pemerintahan sampai dengan pengelolaan kehidupan sosial ekonomi masyarakatnya bahkan juga dalam bidang pembangunan desa.

Penerapan teknologi di desa sejalan dengan berkembangnya konsep pembangunan desa berbasis teknologi informasi yang biasa disebut smart village. Konsep smart village adalah desa yang menerapkan teknologi tepat guna untuk mengembangkan potensi, meningkatkan ekonomi, dan menciptakan kemudahan dalam segala aspek kehidupan masyarakat.

Sistem informasi E–Desa merupakan cara mengembangkan Smart Village. E–Desa memberikan kemudahan bagi pemerintah desa dalam pelayanan dan pembangunan desa dengan sistem online server serta aplikasi.

 

Contoh E-Desa di Provinsi Jawa Tengah
Sumber: dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id

 

E–Desa merupakan layanan berbasis web yang memfasilitasi desa dalam mengelola data dan menyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat, maupun mitra dari luar desa. Dalam pengembangan e-Desa, pengelola membutuhkan penyediaan berbagai infrastruktur seperti server, storage, software, wireless, hosting untuk mendukung pengelolaan situs informasi desanya.

E–Desa juga merupakan upaya menerapkan sistem e-Government sesuai dengan UU Desa. Pengembangan e-Desa akan melahirkan smart village yang menerapkan teknologi tepat guna dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Desa Cibeureum di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung merupakan salah satu desa yang berhasil menerapkan konsep smart village. Keberhasilan penerapan konsep smart village dikarenakan pengembangan sistem informasi E–Desa dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Website Desa Cibeureum
Sumber: ciberueum.desa.id

 

Tujuan penerapan E–Desa Cibeureum adalah meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dan penyebaran informasi kemasyarakatan, khususnya untuk buruh tani dan pelaku UMKM dalam mencari informasi dan mengembangkan potensi Desa Cibeureum. Tahapan awal keberhasilan smart village di Desa Cibeureum adalah adanya pemahaman masyarakat desa tentang teknologi informasi dan komunikasi dalam E–Desa.

Sistem informasi E–Desa menciptakan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat secara lebih optimal dalam mewujudkan kehidupan masyarakat desa yang melek teknologi tepat guna sesuai dengan konsep smart village. (MDL)

 

 

Sumber :

ayobandung.com

elib.unikom.ac.id/files/disk1/679/jbptunikompp-gdl-mellymauli-33927-1-artikel-a.pdf

researchgate.net/publication/334591898_Pengembangan_Konsep_Smart_Village_bagi_DesaDesa_di_Indonesia_Developing_the_Smart_Village_Concept_for_Indonesian_Villages