Mengurangi sampah di rumah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mendaur ulang dan menggunakan barang-barang ramah lingkungan. Adapun mendaur ulang sampah sendiri di rumah merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan.

Dengan keahlian tersebut, Anda dapat mengurangi dan mengelola sampah di rumah dengan baik bahkan dapat mengolahnya menjadi barang yang bisa digunakan kembali. Cara lain untuk mengurangi sampah di rumah juga dapat dilakukan dengan alternatif menggunakan produk-produk ramah lingkungan

Barang-barang ramah lingkungan ini umumnya dapat digunakan berkali-kali atau tidak sekali pakai sehingga mengurangi jumlah sampah. Berikut cara mengurangi sampah di rumah:

  1. Hindari penggunaan kantong dan botol plastik

Kantong plastik dan botol air sekali pakai berdampak buruk bagi hewan, lingkungan, dan kesehatan Anda. Dan meskipun kantong dan botol plastik dapat didaur ulang, banyak dari mereka tidak berakhir dengan daur ulang. Mereka juga membutuhkan sumber daya yang luar biasa untuk memproduksi dan mendaur ulang.

Karenanya, menghindari penggunaan kantong dan botol plastik ini menjadi salah satu cara Anda untuk mengurangi sampah di rumah. Gunakanlah kemasan lain, misalnya seperti tas yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Anda tidak perlu memiliki banyak tas, cukup satu tas saja dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Anda juga dapat menggunakan satu botol minuman yang dapat dipakai berkali-kali. Dengan cara ini tentu saja Anda tidak akan memproduksi sampah dari botol plastik minuman di rumah.

  1. Gunakan piring, mangkuk berbahan kaca dan yang bukan sekali pakai

Setelah Anda merasa nyaman membawa tas dan botol yang dapat digunakan kembali ke mana-mana, sekarang saatnya untuk mengambil langkah selanjutnya. Ada berbagai macam produk di pasaran yang dirancang untuk membantu menghilangkan limbah sekali pakai. Dan meskipun mereka mungkin memerlukan sedikit biaya yang lebih mahal awalnya, tetapi akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

Gunakanlah piring atau mangkuk makan yang terbuat dari kaca. Alat makan yang terbuat dari kaca ini juga jauh lebih menjamin kesehatan makanan Anda daripada yang terbuat dari plastik. Gunakan juga sedotan yang dapat digunakan kembali misalnya seperti terbuat dari stainless atau bambu.

 

  1. Belanja lokal

Saat berbelanja di pasar petani dan warung kecil yang dekat dengan rumah, Anda tidak hanya membantu perekonomian lokal, tetapi juga mengurangi jumlah limbah dan kebutuhan daur ulang. Produk yang ditanam secara lokal jarang datang dalam kemasan dan tidak menggunakan semua sumber daya yang terkait dengan pengiriman barang. Jika Anda tidak memiliki akses ke pasar lokal, pilih produk tanpa kemasan dan lewati kantong produk plastik. Jika Anda ingin menyatukan makanan segar, seperti buah-buahan, sayuran, pilihlah kantong jaring yang dapat digunakan kembali.

 

  1. Perbaikilah barang-barang yang rusak, seperti jam dinding, atau kaki lemari yang copot dan barang lainnya. Cara itu dilakukan agar barang-barang di rumah Anda memiliki fungsi yang berjalan dengan normal. Artinya Anda tidak perlu lagi membeli barang baru sehingga akan menambah jumlah sampah di rumah. Barang yang sudah lama dan berusia tua juga masih dapat Anda perbaiki. Misalnya dengan melakukan pengecetan kembali.

 

  1. Daur ulang barang yang tidak dapat digunakan Jika barang di rumah tidak lagi dapat diperbaiki

Anda dapat mendaur ulang barang tersebut menjadi barang yang bermanfaat dan berfungsi kembali. Misalnya mendaur ulang kayu-kayu bekas lemari menjadi tempat duduk atau meja belajar, mengubah kain yang tidak terpakai menjadi lap pel rumahan, mengubah botol minum atau wadah makanan tak terpakai menjadi wadah pot tanaman dan sebagainya. Untuk mendaur ulang ini Anda hanya perlu kreatifitas, imajinasi dan keterampilan.

Jika Anda bingung, video-video di Youtube dapat menjadi referensi untuk mengkreasikan barang-barang tak terpakai menjadi barang yang berguna.

 

 

 

Sumber : Kompas.com