Sering kita mendengar istilah grey water dan juga black water dalam kehidupan kita, sebenarnya bedanya apa sih, dan dampaknya terhadap lingkungan kita jika tidak ditangani dengan baik pengolahannya?.

Grey water adalah air buangan yang berasal dari pembuangan sink dapur, wastafel dan floor drain kamar mandi. Grey water ini biasanya masih mengandung lemak, bahkan kotoran berupa sisa makanan dari dapur, sedangkan buangan dari dapur banyak mengandung sabun didalamnya. Grey water ini apabila didiamkan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan sumbatan pada saluran pembuangan air kotor, dan juga kerak-kerak makanan yang menempel dari buangan dapur akan memancing tikus untuk datang.

Black water adalah air buangan dari kloset yang menyertai limbah padat yang dibuang, serta air dari bidet dan urinoir (tempat buang air kecil) juga termasuk dalam black water. Penanganan kedua limbah buangan ini cukup berbeda. Mari kita cermati satu per satu!!

Grey water mengandung banyak lemak, yang berasal dari mentega, minyak goreng, santan dan sabun. Untuk itu, agar penyumbatan di pipa dapat dikurangi maka solusinya dibuat bak penangkap lemak yang terletak di luar bangunan. Bak penangkap lemak ini diletakkan tidak jauh dari rumah, agar tidak memunculkan kemungkinan penggumpalan di sepanjang pipa air bekas ke bak penangkap lemak.

Black water membutuhkan septictank dan peresapan sebagai media pembuangannya. Septictank merupakan ruang kedap air yang memiliki fungsi mengolah air limbah dengan kecepatan alir yang lambat. Septictank ini memiliki persyaratan mulai dari jarak, ukuran dan spesifikasinya, untuk jarak dari bangunan dipersyaratkan 1,5 m sedangkan jarak dengan sumur sepanjang 10 m. Untuk ukuran ideal sebesar 75 m3 yang dapat digunakan untuk melayani 10 orang. Septictank memiliki pipa udara 5 cm, memiliki lubang pemeriksaan, pipa buangan dan pipa masuk serta ruang bersekat untuk pengendapan lumpur. Septictank lebih baik diletakkan di depan rumah atau di halaman belakang untuk memudahkan dalam perawatannya.

Dengan memisahkan pembuangan air limbah di lingkungan rumah tinggal kita, maka lingkungan sehat akan tercipta dan sanitasi yang baik akan senantiasa terjaga.