Bingung memilih menggunakan sambungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau mengambil air tanah dengan sumur gali untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari? Hal ini biasa terjadi bila anda tinggal di daerah pinggiran kota yang memiliki kemungkinan untuk mengakses keduanya. Sebelum anda menentukan apakah PDAM atau sumur gali yang akan digunakan, anda perlu memahami persyaratan yang harus dipenuhi.

PDAM adalah layanan penggunaan air bersih dengan sistem berlangganan dan membayar setiap bulan untuk sejumlah pemakaian air yang digunakan, dengan melihat meteran air yang biasa diletakkan di depan rumah pelanggan. Meteran air ini menghubungkan pipa instalasi PDAM lingkungan menuju pipa instalasi air di dalam rumah.

Anda bisa menggunakan layanan PDAM, jika air tanah dalam kondisi kurang bagus untuk dikonsumsi. Selain itu lahan yang sempit juga menjadi pertimbangan dari sisi kesehatan, dengan menggunakan sumur gali maka jarak antara septictank dengan sumur akan terlalu dekat sehingga air tanah rawan terkontaminasi bakteri-bakteri yang berbahaya bagi kesehatan anda. Yang terpenting ketika anda memilih menggunakan PDAM, di wilayah tempat tinggal anda harus tersedia jaringan atau layanan PDAM. Walaupun terkadang air bersih dari PDAM merupakan water treatment, sehingga berbau kaporit dan perlu diendapkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Ketika ada menggunakan PDAM, perlu diperhatikan ketika musim kemarau, dimana sering terjadi giliran pasokan air karena sumber yang terbatas, sehingga perlu alternatif lain untuk mendapatkan air bersih.

Lain halnya dengan sumur gali, anda patut berbahagia jika masih bisa memanfaatkan air tanah untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Air tanah cukup bagus untuk dikonsumsi, apabila di sekitar lingkungan anda tidak ada pencemaran air baik dari limbah rumah tangga maupun industri, dan juga tidak ada intrusi air laut pada lingkungan sekitar. Selain itu, keputusan untuk memilih menggunakan sumur gali untuk memenuhi kebutuhan air bersih, jika memang di daerah anda mudah mendapatkan titik bor untuk sumur.

Bagaimana, sudah ada pilihan untuk memenuhi kebutuhan air bersih anda, PDAM atau sumur gali?