Profil Desa digunakan sebagai pedoman dalam proses perencanaan pembangunan desa dalam bentuk pembangunan fisik dan program peningkatan kapasitas penduduk desa. Profil desa berguna menggambarkan potensi dan tingkat perkembangan desa yang akurat dan komprehensif. Ketersediaan data yang diwujudkan dalam profil desa akan mempermudah dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Pembangunan desa yang terencana dimulai dari membuat profil desa yang baik. Profil desa tidak hanya sekadar data dan grafik saja, namun juga harus memuat informasi yang dapat menjadi masukan untuk menyusun program pembangunan desa yang inovatif. Harapannya program – program pembangunan desa yang dibuat menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Buku ini menguraikan metode serta teknik penyusunan profil desa yang bermanfaat dan mudah. Profil desa sebagai basis data desa, media promosi untuk menjaring kemitraan dalam pembangunan desa, serta cara memadukan profil desa dengan peta desa dan proyeksi masa depan. Buku ini dapat digunakan sebagai manual dalam penyusunan profil desa yang bermanfaat dan mudah.

 

BELI