Caritra DKI Jakarta diharapkan dapat lebih luas menjangkau para pemangku kepentingan dalam mewujudkan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman layak huni dan terjangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Jakarta – Yayasan Caritra atau Housing Resource Center (HRC) Chapter DKI Jakarta telah resmi di-launching. Sebagai cabang ke-delapan di Indonesia, Caritra DKI Jakarta diharapkan dapat lebih luas menjangkau para pemangku kepentingan dalam mewujudkan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman layak huni dan terjangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Pada kesempatan kali ini, saya mengucapkan selamat kepada Caritra Foundation Indonesia atas berdirinya Caritra DKI Jakarta sebagai cabang kedelapan di Indonesia,” ucap Direktur Rumah Umum dan Komersial PUPR, Fitrah Nur saat menjadi Keynote Speaker dalam Webinar perkim.id SERI #31/”Ingin Cepat Punya Rumah?”, Kamis, 2 Juni 2022.

Sebagai informasi Yayasan Caritra atau Housing Resource Center (HRC) berperan dalam pengembangan kawasan perkotaan dan perdesaan. Selain itu, berperan pula dalam studi kebijakan dan peraturan pemerintah, dan layanan klinik rumah sehat.

Fitrah mengharapkan, kehadiran Caritra Chapter DKI Jakarta akan memperluas jangkauan secara kelembagaan ke para pemangku kepentingan. Tujuan akhirnya adalah dapat mewujudkan perumahan dan kawasan permukiman layak huni dan terjangkau.

“Semoga dengan berdirinya Caritra DKI Jakarta dan Sekolah Perkim maka peran kelembagaan dapat lebih luas menjangkau para pemangku kepentingan dalam mewujudkan penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman layak huni dan terjangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” tutur Fitra.

Webinar perkim.id SERI #31/”Ingin Cepat Punya Rumah?”

 

Sekolah Perkim

Tak hanya Caritra Chapter Jakarta, hadir pula Sekolah Perkim yang menjadi media pembelajaran bersertifikat terkait perumahan dan kawasan permukiman.

“Selain itu, saya mengucapkan selamat atas terwujudnya Sekolah Perkim sebagai media pembelajaran bersertifikat terkait perumahan dan kawasan permukiman yang telah diinisiasi oleh teman-terman perkim, yaitu para penggiat perumahan dan kawasan permukiman,” kata Fitra.

Adapun dalam website resminya menyebutkan bahwa awal berdiri Caritra adalah atas inisiasi dari para aktivis perumahan. Ada pula peran Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, UNHabitat, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pasca gempa 2006 di Yogyakarta.

Layanan awal Caritra meliputi penyediaan informasi, pengelolaan forum penanganan bencana dan perumahan. Saat ini, Caritra telah melayani 14 kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia dengan berbagai program terkait perumahan dan perkotaan. (SAN)

 

sumber: https://www.industriproperti.com/