Pada hari Selasa, 19 Oktober 2022, telah dilaksanakan koordinasi dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada mengenai Rencana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di ruang rapat sekretariat Sekolah Pascasarjana UGM. Koordinasi ini membahas mengenai PKM yang akan dilakukan oleh Sekolah Pascasarjana UGM di lingkungan sekitar Kali Code pada tahun 2022. Kegiatan ini juga mengundang Pak Totok Pratopo sebagai perwakilan dari Pemerti Kali Code dan ibu Endah Dwi Fardhani, S.T, dari HRC Caritra yang juga pernah terjun langsung menangani kawasan sekitar Kali Code.

Koordinasi ini dibuka oleh Bapak M. Sulaiman S.T., M.T., D.Eng. selaku perwakilan dari Sekolah Pascasarja UGM. Sesi pembukaan berisi penjelasan beberapa kegiatan yang sudah pernah dilakukan dan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh Sekolah Pascasarjana UGM di lingkungan sekitar Kali Code. Pada sesi ini, beberapa kegiatan yang diusulkan oleh Sekolah Pascasarjana UGM adalah ToT untuk guru SD, SMP, dan SMA untuk program sekolah sungai yang sudah berjalan di kawasan sekitar Kali Code

Selanjutnya, diskusi dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Totok Pratopo yang menyampaikan kondisi kawasan Kali Code saat ini dan kebutuhan apa saja yang diperlukan. Selaras dengan rencana kegiatan oleh Sekolah Pascasarjana UGM, beliau menyampaikan bahwa saat ini, Sekolah Sungai merupakan salah satu program yang berpotensi untuk dikembangkan. Sekolah Sungai kedepannya diharapkan dapat menjadi wisata edukasi dan wadah pembelajaran mengenai sungai oleh sekolah sekolah formal.

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pendapat oleh Bu Lila, Bu Dhanik, dan Bu Rika. Sesi diskusi ini menghasilkan beberapa usulan kegiatan yang dapat dilakukan oleh Sekolah Pascasarja UGM yaitu :

  1. ToT untuk guru SD, SMP, dan SMA sebagai persiapan Program Sekolah Sungai yang menjadi wisata edukasi Kali Code.
  2. Penyusunan Modul Kurikulum untuk Sekolah Sungai
  3. Pengembangan wisata jelajah Sungai Code yang diarahkan ke spot spot pengembangan yang sudah dilakukan.
  4. Penyusunan leaflet dan poster yang menjelaskan pengembangan yang sudah dilakukan di Kawasan Kali Code secara tematik
  5. Penyusunan peta jelajah kampung yang menjelaskan apa saja spot-spot yang ada di sepanjang jalur jelajah kampung (teknologi, wisata, budaya dll)

 

Seluruh kegiatan ini akan mulai dilaksanakan selambat lambatnya pada pertengahan bulan November sampai dengan awal Desember 2022.

 

(FABP)