HRC Caritra diundang menjadi bagian dari kegiatan Rapat Koordinasi II dengan tema Finalisasi Basis Data PKP Provinsi serta Kabupaten/Kota dan Reviu Kinerja Pokja PKP serta Forum PKP, yang diselenggarakan oleh Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Sumatera III bertempat di Harris Hotel Batam pada tanggal 22-24 November 2022.

Bahasan diskusi dalam rakor tersebut meliputi konsolidasi data supply dan demand perumahan, percepatan kemandirian urusan dan kelembagaan Pokja PKP, Penyusunan RP3KP Provinsi dan Kabupaten/Kota. HRC Caritra yang diwakili oleh Ibu Endah Dwi Fardhani, ST bersama dengan perwakilan dari Dinas Perkim Kabupaten Bintan (Provinsi Kepulauan Riau), Dinas Perkim Kota Bukittinggi (Provinsi Sumatera Barat) dan Dinas Perkim Kabupaten Indragiri Hilir (Provinsi Riau) menyampaikan materi tentang Penyusunan RP3KP Provinsi dan Kabupaten/Kota yang dimoderatori oleh Rizky Mulyadi, S.Kom, M.Kom selaku KI Perencanaan di Balai P2P Sumatera III.

Pada awal sesi diskusi, masing-masing perwakilan Dinas Perkim di 3 provinsi tersebut menyampaikan pengalamannya dalam menyusun dokumen RP3KP di wilayahnya. Kota Bukittinggi dengan dinamika perubahan dokumen yang harus menyelaraskan dengan dokumen RTRW, berhasil membuat aplikasi SIRUBI (Sistem Informasi Rumah Kota Bukittinggi) sebagai baseline data rumah sampai dengan tingkat desa. Berbeda cerita dengan Kabupaten Bintan, yang melaksanakan penyusunan dokumen RP3KP bersamaan dengan dokumen RP2KPKPK, sehingga kolaborasi antar bidang di lingkup internal dinas sendiri menjadi kunci keberhasilan penyusunan kedua dokumen perencanaan tersebut. Kabupaten Indragiri Hilir mempunyai strategi tersendiri dalam upaya mewujudkan dokumen RP3KP yang bermanfaat, diantara melalui Bimtek Pokja dan kerja sama dengan Dinas PMD untuk pengumpulan data rumah dengan melibatkan fasilitator DMIJ.

HRC Caritra merangkum hasil pengalaman dari 3 kabupaten/kota tersebut dengan menjelaskan tentang RP3KP yang Berkualitas itu seperti apa, mulai dari bermanfaat untuk penyelenggaraan PKP, Menjadi rujukan dan acuan bersama, mencerminkan kebutuhan PKP, mencerminkan kondisi lapangan dan sesuai peraturan terkini. HRC Caritra melalui salah satu platform pelatihannya yakni Sekolah Perkim juga menyampaikan matriks penilaian kualitas RP3KP beserta perhitungan skoringnya, yang harapannya akan semakin melengkapi matrik yang sebelumnya sudah disampaikan oleh Balai P2P Sumatera III. Selain itu juga disampaikan tentang upaya mewujudkan RP3KP berkualitas melalui bimbingan teknis, sistem data terpadu, meningkatkan keterlibatan, meningkatkan jumlah pemanfaat RP3KP dan evaluasi RP3KP secara berkala. HRC Caritra juga menyampaikan beberapa publikasi tentang perkim yang dapat menjadi referensi kabupaten/kota dalam membangun dan mengembangkan perumahan dan kawasan permukiman di wilayahnya. Dan suatu kebetulan juga, Sekolah Perkim pada bulan ini sudah melaunching materi yang ke 11 dengan judul Menilai Kualitas RP3KP, harapannya mampu berkontribusi dalam mendukung pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di Indonesia salah satunya melalui dokumen RP3KP yang berkualitas.