Profil Organisasi

Yayasan Caritra atau yang dikenal dengan Caritra Indonesia berperan dalam pengembangan kawasan perkotaan dan perdesaan, studi kebijakan dan peraturan pemerintah, dan layanan klinik rumah sehat.

Caritra awalnya diinisiasi oleh para aktivis perumahan, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, UN-Habitat, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pasca gempa 2006 di Yogyakarta. Layanan awal Caritra meliputi penyediaan informasi dan pengelolaan forum penanganan bencana dan perumahan. Saat ini Caritra telah melayani 7 provinsi di Indonesia dengan berbagai program terkait perumahan dan perkotaan.

Caritra, sebagai sebuah lembaga intermediari integratif yang mensinergikan berbagai sumber daya perumahan dan perkotaan, hadir untuk memberikan solusi terhadap masalah perumahan, perkotaan, kebencanaan, dan lingkungan hidup bagi berbagai pemangku kepentingan. Caritra melayani kebutuhan masyarakat akan penataan perumahan dan kawasan yang sehat, aman, nyaman, produktif dan lestari. Caritra bekerja sama dengan pemerintah maupun non pemerintah (akademisi, praktisi, dan swasta) dalam implementasi dan pengembangan kebijakan (policy development), peningkatan kapasitas (capacity building), dan pengelolaan pengetahuan (knowledge management).

Pasal 28 H amandemen ke-4 UUD 1945 menyatakan bahwa “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.” Didasari oleh tujuan negara, Caritra berkomitmen menjadi lembaga terdepan yang inovatif dalam memajukan kesejahteraan umum di bidang perumahan.