Tentang Kami

Mahditia Paramita

CEO

Setiap rumah tangga membutuhkan rumah yang layak huni untuk dapat hidup sejahtera. Faktanya, sebagian besar masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan perumahannya secara swadaya, yaitu 57,87% di perkotaan dan 74,51% di perdesaan (BPS, 2004). Setiap tahun, kebutuhan rumah rata-rata adalah 800.000 unit, namun tidak diikuti dengan seimbang dalam penyediaannya. Ketimpangan ini paling dirasakan oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kondisi ini diperparah dengan kurangnya akses MBR terhadap sumber daya perumahan. Baik keterbatasan secara finansial, kurangnya akses legal, keterbatasan instrumen atau mekanisme pendukung, maupun keterbatasan pengetahuan teknis.

HRC hadir untuk mengurangi kesenjangan ini. Dengan peran sebagai intermediasi integratif yang mensinergikan berbagai sumber daya perumahan dan perkotaan, HRC mencoba menjawab kebutuhan MBR dengan menjadi lembaga perumahan yang kompeten dan mendukung kepentingan berbagai pemangku kepentingan. HRC memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan perwujudan iklim sehat di bidang perumahan. Langkah ini diambil dengan membentuk interpreneur perumahan yang handal.

HRC memiliki aktivitas yang beragam namun fokus pada pengembangan pengetahuan (penelitian dasar dan terapan, visioning, dan studi kebijakan). Memiliki perhatian besar pada pengembangan kapasitas atau capacity building sehingga HRC menyediakan diri untuk membangun organisasi dan individu. Dalam hal teknis, HRC mengakomodasi kebutuhan konsultasi pendampingan, perencanaan dan visioning, serta transfer pengetahuan dan berbagi baik melalui komunitas maupun dalam bentuk diseminasi informasi.

Kami berkomitmen untuk melayani kebutuhan masyarakat akan penataan perumahan dan perkotaan yang sehat, layak huni, terjangkau, dan berkelanjutan. Karena itu, kami berharap agar masyarakat dapat mengambil manfaat seluas-luasnya atas eksistensi HRC. Mengiringi hal itu, kami pun terus meningkatkan kinerja agar mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan, sehingga bisa menjadi lembaga terdepan yang inovatif di bidang perumahan.

VISI

Menjadi organisasi terdepan yang madani, profesional, dan inovatif dalam memobilisasi sumber daya perumahan dan perkotaan dalam rangka mewujudkan perumahan dan perkotaan yang sehat, layak huni dan terjangkau.

MISI

Sumber daya perumahan dan perkotaan yang mendukung pembangunan perumahan dan perkotaan yang sehat, layak huni dan terjangkau dan berkelanjutan yang berbasis komunitas.